Senin, 19 November 2007

Bingung Memilih Bisnis Yang Tepat

Kebetulan saya termasuk yang punya hobi belanja, terutama produk-produk pakaian. Tapi sering sekali setiap ke butik atau ke mall, aku jadi malah bingung memilih dari sekian banyak model pakaian yang dipajang. Namun pada akhirnya sayapun dapat memilih model dan ukuran yang sesuai dengan selera saya.

Begitu juga dalam memilih sebuah bisnis, Anda akan dihadapkan dengan banyak sekali pilihan, dan semuanya kelihatan sangat bagus dan menarik. Jika hal ini yang Anda alami, cobalah menyediakan waktu sekitar 15 s/d 30 menit untuk merenungkan diri menyangkut bisnis apa yang akan Anda jalankan. Anda juga bisa mencari ide melalui website www.biz-university.com, www.mygoals.com, dll.

Tips: Cobalah memilih bidang yang bisa membuat Anda senang mengelola bidang usaha tersebut. Tetapi jika lebih dari satu, maka cobalah memilih yang paling memungkingkan untuk direalisasikan saat itu. Pemilihan ini bisa berdasarkan kondisi modal yang Anda miliki saat ini, atau berdasarkan pasar yang potensial.

Berikut ini beberapa sumber yang dapat Anda jadikan ide untuk memulai sebuah bisnis, yaitu:
1. Pekerjaan dan Keterampilan
Pengalaman kerja Anda dapat menjadi sebuah ide bisnis. Banyak mantan karyawan yang kemudian mendirikan usaha yang sama atau serupa dengan jenis bisnis dari tempar kerja sebelumnya. Banyak sekali para programmer atau tenaga kerja dibidang IT yang berhenti kerja dan mendirikan bisnis dibidang software house, web hosting, dll.

2. Minat dan Hobbi
Ini adalah sumber kekuatan yang biasanya ampuh dalam membangun keyakinan Anda, dan bisa memotivasi untuk menentukan sebuah bisnis. Saya sebut sebagai sumber kekuatan yang sangat ampuh karena biasanya orang tidak akan merasa terbebani untuk mengerjakan sesuatu.

3. Pengalaman
Pengalaman yang pernah Anda alami dan pengalaman orang lain bisa menjadi sebuah ide bisnis yang sangat potensial. Pengalaman buruk seringkali menjadi langkah awal untuk menemukan sebuah ide yang sangat luar biasa, karena siapapun tidak ingin terjerumus ke hal yang sama untuk kedua kalinya. Anda tentu tidak ingin hal tersebut terulang lagi, dan Anda akan berusaha untuk mencari jalan baru untuk terhindar dari kesulitan atau masalah yang pernah Anda alami tersebut. Jalan baru inilah yang saya maksudkan akan bisa menjadi pemicu munculnya ide bisnis yang sangat luar biasa.

4. Pengamatan
Pengamatan juga bisa menjadi sumber untuk menemukan ide bisnis yang akan ditekuni, karena melalui pengamatan inilah sumber tersebut tidak akan pernah habis, sepanjang Anda masih bisa melihat dunia ini. Melalui pengamatan terhadap apa yang terjadi disekitar, kita justru akan bisa menemukan kebutuhan-kebutuhan pasar yang belum terpenuhi.

5. Pendidikan
Pendidikan Anda bisa menjadi sumber ide bisnis yang bisa Anda tekuni. Seorang tamatan sekolah kejuruan bisa membuka bengkel motor atau usaha jahitan. Demikian juga dengan dokter misalnya, dia bisa membuka praktek atau klinik.

6. Masalah
Seorang penulis pernah mengatakan bahwa setiap masalah yang seseorang hadapi sebenarnya adalah sebuah tantangan, dan dibalik dari tantangan tersebut biasanya akan ada peluang.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

thanks udah mampir blogku, Happy New Year 2008, met kenal,blognya bagus, banyak informasi bermanfaat.