Rabu, 15 Agustus 2007

Persiapan Sebelum Makan

Pada umumnya diusia memasuki 2 tahun, biasanya si kecil sudah bisa menggunakan sendok dan garpu. Akan tetapi keinginan si anak untuk meniru orang lain menggunakan sendok dan garpu ketika makan sebenarnya sudah dimulai saat usianya 9 bulan.

Apabila saat anak Anda makan dan dia malah sibuk bermain dengan alat makannya, maka biarkan saja. Dengan bermain, dia akan belajar untuk menguasai penggunaan sendok dan garpu dengan baik. Kenalkan si kecil dengan sendok terlebih dahulu, dan setelah dia sudah bisa menggunakan sendok dengan benar, maka Anda sudah bisa memperkenalkannya dengan garpu.

Hal-Hal Yang Perlu di Perhatikan:
  1. Jangan lupa untuk mencuci tangan terlebih dahulu saat Anda mempersiapkan makan dan sebelum menyuapi si kecil.
  2. Ajari anak untuk memiliki kebiasaan mencuci tangan sebelum makan. Anda cukup mengelap tangan si kecil dengan kain bersih yang basah pada awalnya, dan kalau sudah menanjak besar, bisa diajarkan mencuci tangan di air.
  3. Botol susu dan semua peralatan makan anak perlu dirawat dengan baik. Cuci, Keringkan, kemudian sterilkan didalam air panas (bukkan air mendidih).
  4. Simpanlah semua bahan pangan dalam kulkas agar tetap segar dan tidak cepat busuk.
  5. Pilihlah piring atau mangkuk makan yang bentuknya cekung, sehingga nantinya akan memudahkan si kecil untuk menyendok makanannya sendiri.

Tidak ada komentar: