Selasa, 21 Agustus 2007

Tips Ketika Anak Bertengkar

Sering sekali kita menemukan atau mendengar anak-anak bertengkar satu dengan lainnya, dan kita sebagai orang tua punya kebiasaan untuk langsung memvonis atau menyalahkan si kakak, padahal belum tentu si kakak yang bersalah. Ini tentu saja menjadi hal yang keliru untuk perkembangan psikologi anak-anak.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan ketika kita mendengar atau melihat anak-anak (dalam hal ini kakak-adik) bertengkar, yaitu:

  1. Hindari menjatuhkan vonis, jangan langsung memutuskan atau menyimpulkan siapa yang bersalah. Hal ini terutama saat kejadian kita tidak melihatnya secara langsung.

  2. Hentikan Perkelahian, pisahkanlah kedua anak Anda yang sedang bertengkar tersebut dengan tenang. Selanjutnya tunggulah kurang lebih selama 30 menit sebelum Anda memutuskan apa-apa.


  3. Ambillah mainan yang mereka perebutkan (jika ini yang menjadi sumber pertengkaran). Ini untuk memberikan pelajaran kepada kedua belah pihak bahwa mainan atau apapun yang mereka perebutkan akan disita oleh Anda. Cara ini dimaksudkan agar mereka nantinya mau berbagi.


  4. Sesuaikan Ekspektasi Anda.Tentukan standar perilaku anak-anak Anda sesuai dengan usia dan bawaan masing-masing. Cobalah untuk tidak menilai berlebihan perkembangan emosional anak yang lebih tua. Jangan juga merendahkan kemampuan si Adik (atau yang lebih muda) untuk bersikap baik.
Berikanlah tanggapan untuk setiap anak, dan bila Anda memberikan pujian, sedapat mungkin lakukanlah sesuai usianya. Anda sebaiknya menghargai atau memuji bila si adik mau berbagi dan si kakak mau melepaskan mainannya tanpa diminta.

Jangan juga membandingkan sebab Membandingkan anak yang satu dengan yang lainnya hanya akan menciptakan permusuhan atau rasa dendam. Jika Anda membandingkan dengan tujuan untuk mendorong semangat, tunjukkan saja betapa setiap anak telah berubah. Lakukanlah pendekatan kepada masing-masing Untuk mengatasi persaingan antar kakak beradik, sebaiknya luangkan waktu Anda secara khusus untuk masing-masing dari mereka.

Tidak ada komentar: