Jumat, 16 November 2007

Panduan Memilih Nama Domain

Nama domain adalah sebuah identitas atau pengenal dari sebuah website, ibaratnya seperti nama Anda yang akan membedakan Anda dengan orang lain. Dalam memilih sebuah nama domain haruslah unik, singkat, dan mudah untuk diingat.

Dalam pemilihan nama domain secara umum biasanya seseorang mengacu berdasarkan dua hal, yaitu:
  1. Berdasarkan nama perusahaan ataukah merk sebuah produk, misalnya: detik.com (situs berita), epflour.com (produsen tepung terigu), gramedia.com (penerbit buku), dll.

  2. Berdasarkan jenis market (pasar) yang akan dibidik atau ingin dimasuki. Contoh nama dari website jenis ini diantaranya: hanyawanita.com (situs informasi mengenai wanita), biz-university.com (search engine untuk bisnis dan karir), fashionplanet-online.com (daftar website yang berhubungan dengan fashion/pakaian), problemsolvinghome.com (blog dibidang bisnis, marketing, dan periklanan), dsb.
Akan tetapi seringkali terjadi, setelah kita menentukan atau memilih nama domain yang kita inginkan dan sudah akan kita daftarkan ke penyelia jasa webhosting, ternyata nama domain tersebut sudah dimiliki (digunakan) oleh orang lain. Untuk mengatasinya anda bisa menambahkan 1 atau 2 kata pendek untuk membuatnya berbeda.

Saya biasanya menggunakan fasilitas yang ada di www.masterwebhome.com untuk membuat dan mendaftarkan sebuah nama website untuk situs saya. Berikut ini adalah langkah-langkahnya.
  1. Buka website www.masterwebhome.com
  2. Pada menu bagian atas, pilihlah "Domain Names + Register Domains"
  3. Pada kotak "Enter a Domain Name" masukkan nama yang Anda inginkan, kemudian tekan tombol search untuk memulai pencarian.
  4. Maka anda akan diberikan beberapa pilihan alternatif nama domain.






    Jika anda menemukan tampilan seperti pada kolom pertama, maka nama domain tersebut bisa Anda order saat itu juga (belum digunakan oleh orang lain), tetapi jika pesan yang muncul seperti pada kolom 2 dan 3, maka berarti nama domain tersebut sudah dimiliki oleh orang lain.


    Dibahagian bawah akan ditampilkan alternatif nama domain yang dianjurkan seperti pada gambar berikut ini:

Tidak ada komentar: